Kamis, 27 Juni 2013

Ini Adik atau Malah Fans BCS?


Heuheuheu gininih jadinya kalo punya pacar LDR, pagi-pagi Eyang cuman ditemenin tugas ama kopi doang, skip~. Eyang punya pikiran buat bikin posting nih... Mungkin dari judulnya udah kliatan aneh, tapi buat masyarakat Jogjajarta, Sleman dan Bantul khususnya pasti udah tau apa yang bakalan Eyang posting, simak dulu ya lik. Pastinya kalo kemaren udah pada nyimak galeri sepak bola Indonesia hari sabtu, yang memuat tentang PSS Sleman dan kedua suporter fanatiknya SLEMANIA dan BCSxPSS 1976, bakalan berdecak kagum sama loyalitas dan kekreatifan kedua suporter ini. Ternyata si hitam-hitam Curva Sud ini memiliki adik baru sekarang. Cukup kreatif dengan koreonya yang juga bisa dibilang lumayan. Iseng-iseng Eyang coba deh nonton langsung ke Bantul sama cari profil adik-adik kecil ini di internet, ternyata mereka juga keren dan berkelas loh. Tapi sayang, ternyata sodara muda dari selatan Jogja ini banyak copy pastenya loh. Anehnya lagi lik, sepertinya mereka bener bener copy paste tanpa tau makna bahasa dalam ber-Ultras dan ber-suporter, sepertinya loh~.

Logo CNF x 1967

Adik kecil dari bantul ini bikin suporter ala-ala ultras, namanya CNF x 1967 (Curva Nord Famiglia), ya mereka adalah kelompok suporter PERSIBA. Ada beberapa hal yang akan Eyang kritisi dari kelompok yang katanya ultras dari Bantul ini.

 

Pertama, dari segi nama

kalo kalian seorang yang tau bahasa italia, maka kalian mungkin udah jungkir balik 7 turunan liat namanya. Kata “famiglia” ini seharusnya diletakkan di awal dan atau ada terusan kata di belakangnya, contoh: “Famiglia Internisti Indonesia”. Kata “famiglia” itu artinya rumah tangga, jadinya tribun utara rumah tangga? Heuheuheu bukan kok, maksut mereka adalah keluarga tribun utara, yaampun imut banget yach. Terus soal penama’an yang kesannya memaksa, “x 1967” itu berkesan kalo CNF yang lahirnya 1967, bukan PERSIBA nya.  Apa mereka gak malu kalo ada anak Curva Nord Milan tau keberadaan mereka dan bertanya "Serius kalian berdiri tahun 1967?” ceritanya lain lagi kalo “x PERSIBA 1967”, mungkin mereka tau cuman bingung ntar dikira ikutan “x PSS” nya BCS.

 

Kedua, dari segi fisik/tampilan

Mereka juga pake baju hitam-hitam mirip BCSxPSS nya Sleman. Ultras itu ga harus hitam lik, mungkin kalau BCS Sleman pake putih-putih mungkin CNF pake putih juga kali ya, heuheuheu. Dari chants Eyang juga menemukan hal yang lucu. Mungkin bener kalo forza Slemannya BCS mirip dengan Curva Sud Milano, namun jika didengar lagi nada dan liriknya berbeda jauh. Chants ini ternyata juga di copy paste tetangga kecilnya dari bantul ini, lucunya chants ini cuma di ganti kata bantul dan nord, Eyang harus ketawa ngeliatnya cius, segitu ngefans nya kalian sama BCSxPSS? Hand banner punya BCS pun, ternyata juga mereka copy paste dan Eyang semakin ga abis pikir kok sampe segitunya. Juga kata “vinci per noi” juga di copy paste, memang dari sekian ribu kata-kata berbau Ultras, Itali dan sepak bola gag melintas di pikiran mereka? Logo mereka ada copy paste logo spiderblitz brand clothing di belakang orang mirip sasori di naruto loh heuheuheu. Mungkin karena tingkat usia anggotanya masih duduk di bangku SMP dan SMA sih.


Hand Banner di Maguwoharjo

 


Hand Banner di Sultan Agung

Ketiga, tentang ke Ultrasan
Mereka menyebut diri mereka sebagai ultras, tapi modern? Setau Eyang sih ultras itu malah 100% anti sama yang namanya moderenisasi. Kalo cuman masalah koreo dan red flare Eyang gag masalah, toh sudah dari dulu banyak suporter di Indonesia yang makek, tapi kalo copy paste semua apa itu yang disebut ultras? Ternyata copy paste BCS Sleman ini banyak sekali ga cuma ada di bantul. Itu berarti Sleman sudah mempunyai banyak fans ya di Indonesia. Mungkin maksut mereka itu ingin mencontoh semangat dan keberhasilan BCSxPSS, sayangnya mereka terburu bertindak tanpa belajar atau memahaminya terlebih dahulu.

CNF x 1967
BCSxPSS 1976
Kalo Eyang boleh  usul si CNF dkk ini kembali ke jalan yang bener aja, Eyang malah lebih salut ama Paserbumi yang masih tetap merah dan punya cara sendiri punya harga diri yang lebih dari sekedar copy paste. Bukan masksud Eyang nih mau ngadu domba suporter, tapi kedewasaan dan pemahaman itu perlu ga sekedar ultras ultrasan macam *thutt…* heuheuheu
Mungkin kalau agan-agan bacanya ada sekilas Eyang terlalu mengunggulkan BCS. Ya, Eyang emang seorang penghuni Curva Sud tetap di Sleman Maguoharjo., tapi Eyang nulisnya keadaan jujur wal afiat loh ini heuheuheu. Ingat Eyang gag menggurui, cuman sekedar mengingatkan sebelum terlambat deh J.


(Sumber: Kompasiana, pengalaman)

2 komentar: